SMK Negeri 1 Batanghari Dulu, Sekarang, dan Masa Depan

“Janganlah menatap masa lalu dengan berduka, ia tak akan kembali lagi. Hadapilah masa sekarang dengan bijaksana dan sambutlah bayangan masa depan dengan tanpa keraguan dan dengan disertai keteguhan hati.”
– H. W. Longer Fellow –





Perubahan Nama dan Status SMEA YKI menjadi SMK Negeri 1 Batanghari

Bangsa yang besar adalah yang menghargai masa lalunya. Mula adanya TP 1986 s/d 1987 ditanah Yayasan Kasih Ibu dengan nama SMEA YKI, dengan satu jurusan yaitu Perdagangan, kemudian TP 1992/1993 saat statusnya pada tanggal 5 mei 1992 di negerikan dengan nama SMEA Negeri 1 Muara Bulian dan menambah dua jurusan baru yaitu Akuntansi dan Sekretaris.




Perkembangan Program Keahlian yang Terakreditasi dengan Kualifikasi A

Saat ini nama tersebut berubah menjadi SMKN 1 BATANGHARI dengan perkembangan jurusan atau program keahlian menjadi enam yaitu Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan, Multimedia, dan Tata Boga. Dimana semua program keahlian tersebut telah diakreditasikan dengan kualifikasi A atau Amat Baik.





Akreditas Sekolah Menjamin Siswa untuk Mendaftar Calon Mahasiswa Undangan

Pada masa yang akan datang akreditasi dengan kualifikasi A tersebut diharapkan dapat menjamin siswa yang tamat dari SMK Negeri 1 Batanghari mendaftar sebagai calon mahasiswa undangan di Perguruan Tinggi Negeri secara Nasional, tidak hanya itu tempat PKL bagi siswa pun semakin baik.


Indikator utama keberhasilan SMK adalah seberapa banyak tamatannya terserap di dunia kerja sesuai dengan bidang keahlian mereka.

SMK sebagai unit pelaksana teknis (UPT) menyelengarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) di sekolah dalam bentuk teori dan praktik kejuruan. Sedangkan praktik kejuruan yang dilakukan di sekolah sebagian besar hanyalah berbentuk simulasi (Tiruan). Pengalaman masa lalu selama berpuluh tahun menunjukkan bahwa simulasi yang dilakukan di SMK dikembangkan dengan pola Pendidikan dan pelatihan di SMK dikembangkan dengan pola Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Pendidikan dan pelatihan bagi siswa SMK dilaksanakn secara bersama-sama oleh sekolah dan dunia usaha/industri/kerja).